UNBK Efektif Tingkatkan Indeks Kejujuran menurut Kemendikbud

 Jakarta, POLITIK

Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah mencapai 78% di tahun ini. Ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 49% dengan jumlah 6,2 jutaan peserta berbanding 3,7 jutaan peserta.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi mengatakan penyelenggaraan UNBK terbukti efektif meningkatkan indeks kejujuran para siswa saat ujian. Dengan UNBK, tingkat kecurangan di antara siswa kini menjadi berkurang.Poker Online

“Sejak kita menerapkan UNBK pada 2015 sampai sekarang sudah terbukti bahwa UNBK ini sangat efektif untuk meningkatkan indeks integritas ataupun kejujuran dalam pelaksanaan Ujian Nasional,” ujar Bambang di acara Taklimat Media Soal Ujian Nasional di Kemendikbud, Selasa (13/3/2018).

Meski demikian, Bambang mengatakan ada dampak lain dari pelaksanaan UNBK, yaitu indeks prestasi siswa menjadi turun. Hal itu, kata dia, menjadi tantangan ke depan untuk penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun berikutnya.Judi Poker

“Tantangan kita ke depan adalah meningkatkan prestasi dan capaian dalam UN. Untuk itu perlu ada perbaikan peningkatan proses pembelajaran,” ujarnya.

Komposisi soal untuk USBN adalah 90% pilihan ganda dan 10% esai (Foto: detikcom)Komposisi soal untuk USBN adalah 90% pilihan ganda dan 10% esai (Foto: detikcom)
Sementara itu, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Dadang Sudiyarto mengatakan UNBK bisa menghemat anggaran sekitar 70% ketimbang Ujian Nasional Berbasis Pensil dan Kertas (UNPK).

Dijelaskan Dadang, sebelum UNBK digelar Kemendikbud harus menyiapkan dana hingga Rp 135 miliar guna melakukan penggandaan naskah soal serta melakukan distribusi naskah soal. Namun sejak UNBK dilaksanakan, kini dana yang disiapkan hanya sebesar Rp 35 miliar.

“Perubahan dari UNPK memang banyak berpengaruh pada penggandaan keras, kedua distribusi. Dua biaya itu, pada waktu belum ada UNBK itu kurang lebih Rp 135 milar kita siapkan untuk penggandaan dan distribusi,” ujar Dadang.Agen Poker

“Sekarang dengan UNBK mencapai 78% atau kertasnya 22%, itu kita menyediakan dan mengeluarkan anggaran kurang lebih Rp 35 miliar. Turun sekitar 70% dari sebelumnya yang memakai kertas,” sambungnya.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply